Search This Blog

Powered by Blogger.

Monday 24 August 2015

Asal-Usul dan Ciri-Ciri Batu Akik Kalimaya

by khairul ikhwan  |  in Batu mulia at  August 24, 2015

https://drive.google.com/file/d/0B5sg1QlHFihpQXRZeHc3Ql83cEk/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/0B5sg1QlHFihpQXRZeHc3Ql83cEk/view?usp=sharing
Batu akik kalimaya  atau secara global sering dikenal dengan nama batu opal adalah jenis batuan yang berasal dari Australia, namun juga terdapat di Indonesia yang berada di Rangkas Belitung Provinsi Banten dan Garut di Provinsi Jawa Barat. Batu kalimaya terbentuk dari mineral Silika dengan formula SiO2.nH2O yang tidak berbentuk Kristal namun memiliki tingkat kekerasan5,5 - 6,5 Mohs. Awalnya, nama Kalimaya diambil dari kata Kali Maja yang merupakan nama sebuah Sungai yang berada di daerah Rangkas Belitung, dan disungai inilah awal mula penambangan batu kalimaya tersebut. 

https://drive.google.com/file/d/0B5sg1QlHFihpQXRZeHc3Ql83cEk/view?usp=sharing

Pada umumnya batu kalimaya dengan kwalitas yang bagus dipatok dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah, meskipun begitu para kolektor batu akik kalimaya tak ragu-ragu untuk memilikinya karna keindahan batu tersebut. Hal tersebut kadang dimanfaatkan oleh pedagang yang memperdagangkan batu akik palsu untuk meraup keuntungan sendiri, jadi para pembeli harus hati-hati dalam membeli. Karna hal tersebut bisa merugikan orang lain, maka setidaknya kita harus mengetahui ciri-ciri dan cara membedakan batuan asli dengan batuan yang palsu. Berikut analisa singkat cara membedakan batu akik kalimaya asli dengan yang palsu
  1. Pelumuran, Melumuri batuan dengan menggunakan cairan kimia seperti cat atau minyak, batuan asli akan tahan dari bahan kimia dan ketika dibersihkan tidak meninggalkan bekas, sedangkan batuan kalimaya paslu ketika dibersihkan, diusap dengan kain akan terdapat bekas atau goresan.
  2. Pembakaran, Melakukak pembakaran pada batu kalimaya, batu kalimaya tahan terhadap api dan cepat dingin.
  3. Serat Batu, Batuan buatan atau sintetis tidak memiliki serat sehingga terlihat sangat bening.
  4. Berat Batu, Batu akik kalimaya memiliki berat sedangkan batu palsu terasa ringan.
Macam-macam Batu Akik Kalimaya

1.    Batu Kalimaya Kristal



Seperti namanya batu Kristal, memiliki tekstur yang bening dan terdapat serat atau serabut warna-warni didalamnya.




2.     Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa








Batu ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan batu kalimaya Kristal hanya saja memiliki warna yang sedikit lebih gelap yang tertutupi oleh warna putih. 
3.    Batu Kalimaya Kristal Teh








Batu kalimaya ini memiliki warna yang bening namun kecoklatan.

4.    Batu Kalimaya Kristal Kopi









Batu kalimaya ini tak beda jauh dengan batu kalimaya the, hanya saja warnanya lebih keruh kecoklatan seperti halnya kopi. 
5.    Batu Kalimaya Putih Susu










Batu ini hampir sama dengan batu kalimaya air kelapa, hanya saja batu ini memiliki warna putih yang lebih cerah.

6.    Batu Kalimaya Black Opal









Black opal adalah batu kalimaya yang paling mahal dibandingkan batu kalimaya lainnya, memiliki warna gelap yang bening
7.    Batu Kalimaya Black Opal Solid









Batu ini hampir memiliki kesamaan dengan batu kalimaya black opal, hanya saja yang membedakan batu ini adalah warnanya yang sedikit lebih keabu-abuan.
8.    Batu Kalimaya Australia








Batu ini berasal dari Australia, memiliki tekstur yang hampir sama dengan batu kalimaya lainya, hanya saja batu kalimaya Australia memiliki lebih dari lima campuran warna.
9.    Batu Kalimaya Pelangi









Batu kalimaya pelangi ini adalah batu yang paling banyak ditemui dipasaran, warnanya sangat indah seperti pelangi, namun dipasaran batu kalimaya jenis ini termasuk jenis batu yang relatif murah disbanding batu kalimaya lainnya.
10.    Batu Kalimaya India









Warna putih pada batu ini hampir mirip dengan batu kalimaya air kelapa dan batu kalimaya susu, namun batu kalimaya yang berasal dari india ini memiliki warna yang sedikit kebiru-biruan dibandingkan dengan kalimaya air kelapa dan susu.

https://drive.google.com/file/d/0B5sg1QlHFihpQXRZeHc3Ql83cEk/view?usp=sharing

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.